Tugas Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Pada Bisnis

posted on 14 Apr 2015 10:39 by pakarbisnisblog
Dalam era sekarang ini di mana usaha kian berkembang & kompetisi dagang menemani industri yang membuahkan produk serupa semakin tinggi, di situ kita setuju secara istilah “may the best wins” (hanya yang terbaiklah secara akan unggul). Salah satu bukti bahwa unik produk merupakan yang terbaik di bidangnya adalah dengan adanya pengakuan dari rumpun atau kualitas unik barang atau saham tertentu atau “brand recognition”. Pengakuan tersebut tidaklah semata-mata muncul, namun harus oleh proses panjang yang merupakan suatu komitmen keras dari getah perca stakeholder dengan beraneka ragam strategi yang meronce miliki dengan disertai bukti berupa perolehan nyata yang bisa diterima dan diakui oleh masyarakat.

Strategi-strategi tersebut di antaranya meliputi inovasi-inovasi di faktor teknologi dalam merupakan suatu inovasi produk, yaitu menciptakan rakitan yang belum relasi ada sebelumnya / melengkapi / menyesuaikan produk yang telah terdapat. Inovasi sebagai satu buah strategi tersebut adalah buah pemikiran atau bisa disebut untuk suatu karya moral yang merupakan kemegahan intelektual (intellectual property) atau biasa dikenal dengan sebagai Hak Simpanan Intelektual / HKI (Intellectual Property Right) yang harus dilindungi.

Perlindungan terhadap http://hakkekayaanintelektual.com ini tidak lepas daripada adanya upaya mulai Pemerintah dalam menanggung perlindungan terhadap sidik kekayaan intelektual ini melalui perangkat norma yang kuat, di antaranya terdapat Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten dan Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 mengenai Merek. Selain itu terdapat pula Undang-Undang lainnya yang mengatur tentang Rahasia Dagang; Desain Tata Letak Gelanggang Terpadu; Desain Usaha dan Undang-Undang Wewenang Cipta. Kuat di sini dalam arti punya “daya paksa” berupa sanksi pidana mau pun perdata terhadap uni pelanggaran. Kepastian patokan yang menjamin sandaran atas aset-aset gaji intelektual akan panas industri-industri untuk terus mengembangkan diri melalui inovasi-inovasinya yang tentunya akan meramaikan pasar industri lokal dalam negeri untuk bersaing beserta produk-produk dari pendatang negeri.



Walaupun member setuju bahwa suatu kreasi berupa hasil / invensi yang berasal dari prakarsa manusia adalah tidak terbatas, dalam tema perlindungan HKI ini justru jelas-jelas terjumpa batasan-batasan yang transparan antara suatu pengembangan dari teknologi ataupun karya cipta sebelumnya dengan penjiplakan. Hal ini yang terkadang dijadikan dalih untuk suatu industri, ialah dengan alasan jika produk miliknya itu merupakan hasil penjelasan dari kekayaan moral yang ada sebelumnya - padahal meski; atau beralasan dengan itikad baik - padahal sebenarnya terdapat intention (niat) atau “bad faith” secara sangat jelas di sini yaitu untuk mendompleng ketenaran suatu sebutan, karya cipta / teknologi pihak berbeda untuk keuntungan bisnisnya. Pelaku-pelaku tersebut gak memikirkan atau mengindahkan akibat lebih jauh dari perbuatan cerdik yang mereka lakukan, yang mana sesuatu itu sangat merumitkan para pemilik alias pemegang HKI sedianya. Lebih buruk lagi, masyarakat dalam taktik ini pasar bakal mengasosiasikan suatu rakitan hasil duplikasi tersebut dengan produk-produk PASTI yang sudah tersedia sebelumnya.

Tidak ada sesuatu baik yang hendak terjadi dalam bab duplikasi ini. Bahwa suatu hasil duplikasi tersebut mempunyai kualitas baik, maka dia tetap mendompleng superioritas atau ketenaran rakitan sebelumnya, namun bila ternyata karya dupikasi tersebut mempunyai markah atau hasil dengan buruk, bahkan hingga dapat membahayakan kesehatan tubuh atau keselamatan oknum, misalnya, maka sesuatu tersebut dapat menghancurkan reputasi baik atas industri jujur yang dimiliki oleh pencedok HKI sebenarnya.

Comment

Comment:

Tweet

I needed to thank you for this good read!! I absolutely loved every little bit of it. I've got you book marked to check out new stuff you post_

#1 By I needed to thank you for this good read!! I absolutely loved every little bit of it. I've got you book marked to check out new stuff you post_ (198.52.237.153|198.52.237.153) on 2015-05-25 10:59