Tips guna Menghadapi Gelisah Selagi Wawancara Kerja

posted on 23 Apr 2015 13:10 by pakarbisnisblog
Senin kemarin adalah hari yang sangat meragukan. Saya harus merencah tahapan wawancara untuk satu posisi lowongan kerja. Benar-benar tertumbuk akal bukan kepalang. Sebelumnya, saya biasanya ditawari langsung pekerjaan sambil teman tanpa embel-embel wawancara. Jadi tinggal mengetahui posisi, menyimak tugas pokok tingkatan, dan menyanggupi perbuatan yang akan ditungaskan. Lalu, Saya serta merta terlibat dalam perbuatan tersebut.



Namun, saat ini benar-benar berbeda, aku harus diwawancarai. Lamun gagal, jadilah beta terus berleha-leha pada rumah. Walau pun sudah bosan rupanya untuk terus tinggal di rumah, selesai beberapa bulan tak bekerja. Maklum, hamba ini pekerja freelance kambuhan. Meski amat saya tidak target dipermainkan nasib serta tidak mencari cara mengatasi kegugupan terkait. Yang namanya keinginan dengan didukung sebab upaya maksimal pasti akan berhasil, itulah yang saya pikirkan. Setelah serius membaca TOR (Term Of Reference), beberapa hari. Gugup tak tentang usai. Namun syukurnya, beberapa teman secara mengetahui saya pada itu melamar pekerjaan bersetuju untuk membantu memberi tips dan saya melakukannya. Saat-saat seperti ini kehadiran seorang sohib sungguh sangat berarti. Lalu apa trik dan apa secara saya lakukan?

1. Latihan wawancara lowongan kerja terbaru rapi teman-teman sebidang perbuatan yang akan dilamar. Sebelum hari senin hari wawancara (8/12/2014), pada hari minggu saya diajak untuk datang berkumpul di rumah teman abdi di Jakarta. Ternyata sedang ada pertunjukan ulang tahun di rumah tersebut dan berkumpullah beberapa orang dengan berpengalaman dalam lebar pekerjaan yang pengen saya lamar. Disela-sela pesta kecil-kecilan, meronce melatih saya untuk diwawancarai. Beberapa orang berpretensi menjadi panel (pewawancara). Setelah itu dilontarkanlah beberapa pertanyaan serta apesnya saya meningkah terputus putus. Mereka yang berpengalaman seyum-senyum melihat saya rusuh.

2. Setelah pendidikan selesai, mereka melepaskan masukan dan cadangan, 1) sebelum diwawancarai lihatlah semua manusia yang diwawancarai, semoga kita bisa kian percaya diri berbicara secara mereka. 2) tataplah mata pewawancara nama lain kontak mata, fokuslah berbicara kepada orang2 yang bertanya, sambil sesekali melihat manusia sekitar. 3) Bahwa ada pertanyaan bukan jelas, tanya balik kepada penanya, “maaf bisa diulangi sedang pertanyaannya”. 4) Kalau menjawab pertanyaan agak panjang dan guna menjaga konsentrasi mampu minum sebentar atau berhenti 2-5 detik untuk berpikir kemudian menyusun jawaban. 5) tetap focus terhadap pertanyaan, jangan cukup yang ditanya urusan pengalaman kerja, dikau malah menjawab keperluan mendapat gaji luas. Ups, masih ada saran-saran lainnya. Mangga lanjut membacanya.

3. Tibalah hari dan saat proses wawancara. Masih ada kira-kira tips lainnya. Ini lah yang saya lakukan untuk mengatasi kekhawatiran ketika pengalaman baru diwawancarai.

1) Pra wawancara saya singgah dulu ke ruang mandi/ toilet. Walaupun tidak mau buang air alias kencing. Beta mencuci muka. Bila anda mau buang air, buang airlah. Karena proses wawancara mampu memakan waktu lalu 1 jam bertambah. “Singgah” ke tandas ini penting buat membangun kepercayaan muncul sebelum wawancara.

2) Setelah itu. Beta menunggu dipanggil di ruangan. Ketika dipanggil, saya menarik napas sebentar. Lalu menyerap dengan langkah tentu sembari tersenyum terlintas masuk ke ruangan. Ingat jangan tersenyum berlebihan, karena malah menakuti pewawancara nantinya.

3) Ketika merasuk ke ruangan, aku lihat seisi ruangan. Ini dilakukan untuk menyesuaikan diri lawan lingkungan baru & membangun tingkat kenyaman ketika berhadapan secara orang. Setelah hamba merasa tenang, saya menjadi lebih santai ketika mulai menyongsong pertanyaan demi interogasi. Sebelum duduk, upayakan menyalami satu dari satu pewawancara.

Comment

Comment:

Tweet

You actually make it appear really easy with your presentation however I to find this topic to be really one thing that I think I might never understand. It kind of feels too complicated and extremely vast for me. I'm looking ahead on your subsequent submit, I will attempt to get the hang of it!

#1 By You actually make it appear really easy with your presentation however I to find this topic to be really one thing that I think I might never understand. It kind of feels too complicated and extremely vast for me. I'm looking ahead on your subsequent subm (172.245.116.121|172.245.116.121) on 2015-05-25 20:32